Bolehkah Niat Diet Saat Puasa?

Wuhan Blog - Puasa artinya menahan. Dalam artian yang lebih luas  yaitu menahan diri dari hawa nafsu untuk tidak makan dan minum, menahan emosi dan kebutuhan biologis selama waktu berpuasa. Semua kegiatan tersebut dapat dilakukan saat sudah berbuka. Maka, puasanya umat muslim memiliki waktu,  sehingga tubuh tetap memiliki haknya. 

Diet Saat Puasa
Ilustrasi
Banyak orang beranggapan bahwa puasa dapan dijadikan ajang untuk menurunkan berat badan. Seperti kata pepatah sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui. Sambil puasa bisa sekalian diet. Nah, pertanyaannya adalah bolehkah diet saat puasa?

Jika puasa diniatkan karena Allah dan menyelipkan niat untuk menjaga kesehatan boleh-boleh saja. Hal ini merujuk pada salah satu bunyi hadits, shuumu tashihuu yang berbunyi berpuasalah, kalian akan sehat. Jika dirunut kebelakang hadist ini sesuai dengan nasihat Rasulullah agar kita berpuasa supaya lebih sehat.  Ibadah dalam agama islam tidaklah sulit maka jangan mempersulit diri. Berpuasa adalah ibadah wajib dan niatkan hanya karena Allah. Untuk masalah diet bisa digabungkan asal sesuai dengan ketentuannya.

Diet yang digabungkan dengan puasa hendaknya tidaklah berlebihan. Jangan sampai karena niat ingin diet mengalahkan niat untuk ibadah puasa. Hal ini tentu tidak dibolehkan. Ketika waktu berbuka hendaklah disegerakan dan ketika sahur ambillah waktu yang lebih dekat dengan waktu imsak. Allah sudah mengatur ibadah puasa dengan begitu baik jadi sebagai manusia hendaklah kita tidak mempersulit diri sendiri dengan keinginan kita. 

Satu contoh yang membolehkan puasa sambil diet misalnya ada orang yang gemuk dan berniat untuk menguruskan badannya. Salah satu cara yang di ambil adalah dengan berpuasa. Karena dirasa lebih baik daripada mengkonsumi obat diet yang dapat merusak kesehatan. Maka hal ini dibolehkan. Ada satu riwayat ketika nabi sengaja memendekkan bacaan sholatnya karena mendengar seorang anak yang menangis sementara ibunya sedang sholat berjamaah. Tindakan tersebut dilakukan nabi dengan tidak menghilangkan niatnya beribadah karena Allah sekaligus menjaga hubungannya sesama manusia.

Jadi kesimpulannya lakukanlah ibadah puasa dengan niat hanya kepada Allah dan bersamaan dengan diet untuk menjaga kesehatan dengan tidak meninggalkan hokum dan syarat sah puasa. 

0 komentar:

Copyright © 2013 Wuhan Blog