Tips Beli Kamera DSLR Untuk Pemula

Wuhan Blog - Dunia fotografi saat ini berkembang dengan sangat pesat. Banyak para pecinta fotografi baru atau pemula yang mencoba mengasah keahlian dan hobi mereka dalam bidang fotografi. Hasil yang mengesankan selalu menjadi kebanggaan tersendiri bagi seorang fotografer. Kamera DSLR canon menjadi salah satu jenis kamera yang sangat diburu untuk dipelajari dan digunakan dalam dunia fotografi. Namun pilihan merk dan berbagai jenis kamera DSLR untuk pemula sering dijadikan sebagai kesulitan oleh para fotografer pemula untuk memilih kamera DSLR untuk pemula yang akan mereka pakai. 

Tips Memilih Kamera
Ilustrasi
Membeli kamera DSLR atau digital single lens reflect diperlukan pertimbangan yang cukup jeli khususnya bagi mereka para fotografer yang memiliki budget terbatas. Hal ini sangat penting mengingat kamera pertama yang kita beli akan menentukan pilihan – pilihan aksesoris kamera selanjutnya. Coba perhatikan beberapa tips memilih kamera DSLR canon untuk pemula yang cocok dan sesuai dengan kebutuhanmu.

Budget & Kebutuhan

Beli kamera DSLR untuk pemula yang sesuai dan cocok dengan kebutuhanmu. Jangan memaksakan diri untuk membeli kamera DSLR canon yang canggih, padahal sebenarnya fitur tersebut belum dibutuhkan untuk keseharian melakukan pemotretan. Cari kamera DSLR untuk pemula dengan budget yang tidak terlalu mahal. 

Sensor

Banyak sekali variasi ukuran sensor pada kamera DSLR canon, umumnya dibagi menjadi 3 kategori, yaitu APS – C, Full Frame dan Four-Trirds. Kamera DSLR Full Frame merupakan kamera DSLR yang memiliki ukuran sensor yang sama dengan ukuran film analog, sehingga apa yang dilihat oleh view finder ialah hasil dari fotonya. Tanpa ada yang di crop atau dikurangi. Hal ini sangat berbeda dengan kamera DSLR untuk pemula yang memiliki sensor APS – C yang memiliki ukuran sensor lebih kecil, sehingga ada bagian foto yang di crop atau dihilangkan, meskipun begitu keuntungannya harga dari kamera ini cukup terjangkau dan memiliki body yang cukup ringan pula. Satu lagi jenis kamera yang memliki sensor four Thirds. Jenis ini tengah menjadi trens saat ini dikalangan fotografer. Ukuran sensornya yang lebih kecil lagi dari sensor APS – C, dan bodynya yang lebih ringan pula menjadikan kamera ini sangat digemari karena sangat mudah dbawa kemana – mana tanpa mengurangi kualitas gambar yang ditangkap.

Resolusi Megapixel

Bila kamu menggunakan kamera DSLR canon untuk menghasilkan foto yang kemudian akan dicetak dalam ukuran cukup besar sebaiknya beli kamera DSLR untuk pemula yang memiliki resolusi yang cukup besar atau yang sesuai dengan kebutuhan seperti misalnya kamera dengan resolusi 4 MP dapat menghasilkan cetakan yang cukup bagus hingga ukuran 10R atau setara dengan ukuran sampul majalah. Nah bila kamu hanya akan memanfaatkan kamera untuk sekedar melampiaskan hobi dan menguploadnya di media social, resolusi megapixel tidak terlalu berarti.

Image Stabilization

Hal menarik lainnya yang perlu kamu perhatikan ialah fitur antishake system atau anti getar. Gambar atau bidikan yang diambil dengan kurang pencahayaan atau dengan jarak yang cukup jauh sangat rawan menjadi blur atau buram karena gerakan tangan atau kamera tanpa disengaja. Nah fitur image stabilization ini akan mengatasi hal seperti ini.

Speed kamera

Fitur lain yang mungkin perlu untuk diperhatikan ialah speed atau kecepatan kamera ketika menangkan atau menbidik suatu objek. Fitur ini akan sangat berguna ketika kamu membidik objek yang bergerak seperti mobil atau burung yang sedang terbang.

Itulah informasi terkait tips dan panduan untuk membeli kamera DSLR untuk pemula. Kamu bisa dengan mudah menentukan kamera DSLR yang akan kamu gunakan untuk menyalurkan hobimu. Lakukan pencarian spesifikasi setiap kamera di internet untuk memudahkan kamu untuk memilih jenis dan merk kamera DSLR canon mana yang akan kamu beli.

0 komentar:

Copyright © 2013 Wuhan Blog