Cara Jitu Jual Tanah Dengan Harga Tinggi dan Proses Cepat

Wuhan Blog - Tanah adalah salah satu properti yang sangat menjajikan untuk dijadikan sebagai investasi . tanah yang diinvestasikan dapat dijual dikemudian hari pada saat kita membutuhkannya baik itu untuk digunakan sebagai lahan untuk membangun rumah atau untuk dijual kembali dengan harga yang lebih tinggi disbanding dengan harga yang kamu keluarkan pada saat membelinya dulu. Namun terkadang untuk beberapa orang melakukan jual tanah dengan harga tinggi membutuhkan proses yang cukup lama dan panjang. Sayangnya hal ini tidak akan berlaku bagi mereka yng tidak memiliki waktu banyak untuk mendapatkan uang dari hasil jual tanah tersebut. Hal ini biasanya dirasakan para pemilik tanah yang memiliki keperluan dan kebutuhan mendesak yang harus segera dibayarkan atau ditunaikan seperti biaya pengobatan, biaya sekolah dan kebutuhan mendesak lainnya.

harga pasaran tanah
Ilustrasi
Seperti yang sdah disebutkan diatas menjual tanah bukan hal yang mudah untuk dilakukan dengan proses yang cepat, terlebih lagi saat ini banyak saingan yang juga sama – sama membutuhkan. Untuk itu coba perhatikan beberapa tips dan trik jual tanah dengan cepat berikut ini.

Pelajari Harga Pasaran Tanah
Hal ini sangat penting untuk diperhatikan dan dilakukan. Kita harus mencari tahu terlebih dahulu harga tanah pasaran di daerah tanah yang akan kita jual. Agar kita tidak menjual tanah dengan harga yang terlalu tinggi atau terlalu rendah yang akan merugikan salah satu pihak yang terkait. Kamu bisa melakkan riset dengan mendatangi beberapa agen properti atau hanya dengan menggunakan internet untuk mengetahui harga pasaran tanah di daerah tempat tanah yang akan kamu jual agar kamu dapat dengan mudah mematok.

Perhatikan untuk tidak memberikan harga pasaran tanah yang nett atau dalah kata lain tidak dapat ditawar. Jika kamu memberikan harga nett atau harga pas maka waktu untuk menarik pembeli akan sangat lama dan panjang karena tidak semua pembeli akan langsung membeli tanah tersebut. Lebihkan sedikit dari harga pasaran yang kamu temukan supaya pembeli bisa melakukan negosiasi untuk menurunkan harga hal ini akan sangat menarik untuk dilakukan pada saat transaksi jual beli tanah. Pembeli akan cenderung memberikan penawaran harga yang lebih rendah karena mereka juga ingin mengalami keuntungan dari tanah yang akan mereka beli.

Periksa Kondisi Tanah
Keadaan dan Kondisi tanah yang akan dijual juga merupakan hal yang cukup penting. Karena pastinya akan menentukan harga atau nilai jual yang akan kamu tawarkannanti. Pastikan tanah dalah kondisi yang prima dan bersikaplah jujur kepada calon pembeli mengenai kondisi tanah yang sebenarnya. Perhatikan untuk menari keunggulan dan kelebihan dari tanah yang akan kamu jual seperti misalnya letaknya di pinggir jalan sehingga memudahkan untuk keluar masuk kendaraan, atau temptnya yang sejuk dan asri yang sangat tepat untuk dijadikan sebagai tempat tinggal. Dan kelebihan – kelebihan lainnya. Hal ini bisa menarik perhatian calon pembeli ketika kita jual tanah dengan lingkungan yang nyaman dan cocok untuk mereka cobalah untuk menjadi solusi bagi pembeli.

Jika kamu memiliki modal yang cukup untuk melakukan perbaikan lahan tanah yang akan kamu jual, kamu juga bisa melakukan perbaikan seperti misalnya tanah yang kamu miliki tidak rata dan ditumbuhi oleh pepohonan tinggi dan besar serta lebat. Kamu bisa melakukan pembabatan dan perataan tanah untuk meningkatkan harga jual. Hal ini akan sangat baik dilakukan ketika tanah yang kamu miliki bertempat di area perumahan atau di dekat dengan rumah – rumah. Karena umumnya pembeli pasti akan membuat sebuah hunian diatas tanah yang akan mereka beli.

Periksa Kelengkapan Surat Dan Sertifikat
Ini merupakah hal yang paling penting sebelum kamu memutuskan untuk memasarkan atau untuk jual tanah. Periksa kelangkapannya mulai dari sertifikat tanah asli berupa SHM, SHGB, atau SHMSRS, bukti surat setoran pajak PBB selama 5 tahun kebelakang. Karena pembeli pasti ingin membeli rumah yang bersih dan bebas dari tunggakan pajak.

Pasarkan Tanah
Cara berikutnya merupakan tahap jual tanah. Kamu bisa melakukan promosi jual tanah denganberbagaimacam cara seperti berikut :
  • Menjual ke kerabat, menjual dan mempromosikan jual tanah ke kerabat, tetangga, keluarga, atau rekan dekat yang membutuhkan. Hal ini akan sangat memudahkan kamu dalam proses jual beli tanah yang cenderung akan lebih mudah dan cepat prosesnya. Kamu juga bisa membantu teman dan kerabatmu yang membutuhkan, jadi kalian bisa saling membantu.
  • Agen properti. Kamu bisa mengajukan diri untuk bekerjasama dengan agen properti atau meminta bantuan mereka untuk memasarkan tanah yang akan kamu jual. Pilih agen properti yang terpercaya dan memiliki kredibilitas yang cukup mumpuni untuk menjual tanah dengan cepat dan harga tinggi tentunya.
  • Pasang iklan. Jika kamu masih ragu untuk memasarkan jual tanah di agen properti kamu bisa memasang iklah di berbagai media seperti majalah, Koran atau bahkan di media social yang sering dikunjuni banyak orang. Kamu juga bisa memasang iklan di situs – situs jual beli online terpercaya. Hal ini akan sangat membantu, jadi tak hanya orang disekitarmu saja yang mengetahui nya.


Jual tanah memang tak bisa dilakukan hanya dengan berdiam diri saja dan dilakukan oleh seorang diri. Kamu pasti membutuhkan bantuan orang lain dan bantuan – bantuan lainnya untuk mempercepat proses jual beli dan tanah yang kamu jual cepat laku. 

0 komentar:

Copyright © 2013 Wuhan Blog