Cara Mengamankan Akun Yahoo Setelah Diretas

Wuhan Blog - Yahoo mengonfirmasi bahwa sistemnya telah diretas, membahayakan setidaknya 500 juta akun pengguna. Jika Anda adalah salah satu pengguna layanan Yahoo, seperti Yahoo Mail, Tumblr, Flickr atau Fantasy Football, inilah beberapa hal yang harus Anda lakukan, seperti yang dikutip dari Mashable.

Yahoo
Yahoo
1. Perbarui informasi akun Yahoo Anda
Yahoo telah membatalkan pertanyaan keamanan pada akun-akun yang terpengaruh oleh peretasan ini. Orang-orang yang informasi akunnya bocor harus memperbarui informasi pada akun mereka.

Namun, meski akun Anda masih aman, sebaiknya Anda tetap mengganti password akun Anda, terutama jika Anda tidak pernah menggantinya sejak tahun 2014, saat peretasan ini terjadi.

2. Ganti password atau pertanyaan keamanan yang sama dengan akun Yahoo
Jika Anda menggunakan password yang sama dengan yang Anda gunakan untuk akun Yahoo atau memiliki pertanyaan keamanan yang serupa dengan akun Yahoo pada layanan lain, kemungkinan besar, informasi itu telah bocor.

Karena itu, sebainya Anda mengganti password atau pertanyaan keamanan akun yahoo Anda yang lain. Anggap saja peretasan Yahoo ini -- atau peretasan sistem lain -- sebagai pelajaran bahwa sebaiknya Anda tidak menggunakan password yang sama pada lebih dari satu akun.

3. Gunakan password manager
Menggunakan password yang berbeda untuk setiap layanan yang Anda gunakan mungkin akan membuat Anda kesulitan untuk mengingat password itu. Karena itu, Anda bisa menggunakan password manager seperti LastPass, 1Password atau Dashlane sehingga Anda hanya perlu mengingat satu password.

Password manager ini lalu akan menyarankan, menyimpan dan mengenkripsi password yang Anda gunakan di layanan atau situs lain.

4. Aktifkan autentikasi dua langkah
Verifikasi atau autentikasi dua langkah merupakan salah satu cara paling mudah untuk membuat akun Anda menjadi lebih aman. Dengan mengaktifkan fitur ini, Anda bisa meminta agar Anda menerima SMS atau telepon yang akan memberikan kode yang harus dimasukkan untuk masuk ke akun Anda.

Sebaiknya, Anda mengaktifkan fitur ini tidak hanya pada akun layanan Yahoo, tapi semua pada layanan dan situs yang menawarkan fitur autentikasi dua langkah ini.

5. Gunakan Yahoo Account Key
Yahoo menawarkan layanan yang disebut Account Key sehingga Anda tidak perlu lagi mengingat password yang Anda gunakan. Sebagai gantinya, Anda akan menerima notifikasi pada smartphone dan dapat tap "ya" untuk masuk ke akun. 

6. Pertimbangkan untuk gunakan layanan lain
Peretasan ini sebenarnya terjadi di tahun 2014. Dalam kesempatan ini, Anda dapat mempertimbangkan mengapa Anda menggunakan layanan dari Yahoo. Ada penyedia layanan email atau storage lain yang dapat Anda gunakan selain dari Yahoo.

0 komentar:

Copyright © 2013 Wuhan Blog