Tentang Samsung Gear Fit 2

Wuhan Blog - Sejatinya, Samsung Gear Fit 2 adalah sebuah fitness tracker. Namun, ia juga memiliki beberapa fitur yang biasa Anda temukan pada smartwatch. Gear Fit 2 memiliki layar super AMOLED 1,5 inci yang melengkung, sehingga saat ia digunakan, ia akan terasa pas di tangan. 

Samsung Gear Fit 2
Samsung Gear Fit 2
Samsung juga menyediakan 2 ukuran untuk Gear Fit 2. Ukuran kecil dengan panjang tali 125-170 mm dan ukuran besar dengan panjang tali 155-210 mm. Dengan begitu, Anda bisa menyesuaikan ukuran Gear Fit 2 dengan tangan.

Meski terkesan tidak penting, tapi, bagi orang dengan pergelangan tangan kecil, seperti saya, tersedianya Gear Fit 2 dengan ukuran kecil membuatnya terasa lebih nyaman dipakai. Saya pernah mencoba kedua ukuran Gear Fit 2 dan ukuran yang besar sangat kedodoran saat saya gunakan.

Untuk Gear Fit 2, Samsung menggunakan Gorilla Glass 3. Selama penggunaan, saya tidak terlalu khawatir layarnya akan tergores saat digunakan. Ia juga memiliki sertifikat IP68, yang berarti ia dapat dimasukkan ke dalam air dengan kedalaman 1,5 meter selama paling lama 30 menit. 

Namun, karena ia tidak ditujukan sebagai wearable yang dapat digunakan saat berenang, saya tidak mencoba untuk membawanya ke kolam renang. Meskipun begitu, sertifikat anti-air ini membuat saya tidak khawatir menggunakannya saat hujan.

Sama seperti kebanyakan fitness tracker, Gear Fit 2 dapat menghitung jumlah langkah, kalori dan waktu tidur Anda. Ia juga memiliki sensor detak jantung yang akan menyala hijau saat ia menghitung detak jantung Anda. Ia dapat melacak detak jantung penggunanya secara otomatis, meski Anda juga bisa secara manual mengaktifkan fitur untuk menghitung detak jantung. 

Gear Fit 2 juga dilengkapi dengan GPS. Dengan begitu, saat Anda berolahraga di luar ruangan, Anda tidak perlu lagi memeriksa ponsel Anda untuk mengecek jalur lari atau bersepeda Anda karena Gear Fit 2 dapat menampilkannya pada layar 1,5 inci miliknya.

Wearable Samsung ini memang bisa langsung mendeteksi saat Anda berolahraga, seperti berlari atau bersepeda. Fitur deteksi ini cukup sensitif. Saat saya berjalan cepat, fitur ini akan terpicu menjadi aktif. Gear Fit 2 akan menampilkan bahwa pesan untuk terus melanjutkan olahraga dan menunjukkan durasi olahraga yang telah saya lakukan.

Dengan Gear Fit 2, Anda juga bisa mencatat jumlah air dan kopi yang Anda minum dengan memasukkan jumlah gelas air atau cangkir kopi yang Anda ambil secara manual. 

Gear Fit 2 sering mengingatkan saya untuk bangun dan berolahraga jika saya duduk diam terlalu lama. Waktu default pada Gear Fit 2 adalah 40 menit, meski Anda bisa mengaturnya sesuai keinginan. Sebaliknya, ia juga akan memberitahu Anda jika berhasil mencapai target langkah atau jumlah tangga dalam satu hari.

Meski tujuan utama Gear Fit 2 adalah sebagai fitness tracker, saya juga bisa melihat notifikasi pesan pada wearable buatan Samsung ini, seperti email atau WhatsApp. Sebagian besar notifikasi yang ada hanya berfungsi sebagai untuk menunjukkan isi pesan yang masuk, ada juga notifikasi tertentu yang bisa Anda tanggapi, seperti Gmail. 

Anda bisa membalas pesan dengan jawaban sederhana. Namun, Gear Fit 2 tidak dilengkapi dengan mikrofon. Jadi Anda tidak bisa menggunakannya untuk menjawab telepon atau mendiktekan isi pesan jawaban, meski Gear Fit 2 tetap akan menampilkan notifikasi jika ada panggilan telepon yang masuk.

Selama mencoba Gear Fit 2, saya jarang menggunakan fitur membalas pesan ini karena saya merasa tidak leluasa untuk memberikan jawaban. Biasanya, saya menjawab pesan via fitur ini hanya pada pesan yang bisa dijawab dengan "iya" atau "tidak" atau menggunakan emoji.

Samsung menggunakan sistem operasi buatannya, Tizen, untuk Gear Fit 2. Namun, ia masih bisa dipasangkan smartphone Android yang menggunakan Android 4.4 atau yang lebih baru. Sayangnya, ia tidak kompatibel dengan iOS.

Gear Fit 2 memiliki memori internal 4GB untuk menyimpan musik. Selain mendengarkan musik yang tersimpan dalam Gear Fit 2, Anda juga bisa mendengarkan musik melalui Spotify via earphone.

Melalui Gear Fit 2, Anda bisa melewati atau mengulang lagu yang sedang diputar. Anda juga bisa mengakses daftar musik berdasarkan album atau artis.

Dua fitur ekstra yang ada pada Gear Fit adalah Stopwatch dan Timer, meski sayangnya, ia tidak dilengkapi dengan alarm. Gear Fit 2 juga memiliki aplikasi pada smartphone. Di sini, Anda bisa melihat mengganti muka jam, mengatur notifikasi apa saja yang masuk ke Gear Fit 2 dan fitur "Find my Gear".

Baterai berdaya 200 mAh dari Gear Fit 2 dapat bertahan selama sekitar 3-4 hari. Namun, jika Anda sering mengaktifkan Gear Fit 2 atau banyak menerima notifikasi, wearable ini bisa hanya bertahan selama 2 hari. Untuk mengisi baterai Gear Fit 2, diperlukan waktu sekitar 1 jam 45 menit.  

Dengan Gear Fit 2, Samsung berhasil menggabungkan fitness tracker dengan sedikit fitur smartwatch. Gear Fit 2 memiliki tampilan simpel dan tidak terlihat jauh berbeda dari fitness tracker lain. Namun, ia cukup modis untuk digunakan dalam kegiatan sehari-hari. 

Secara harga, Gear Fit 2 juga relatif lebih murah jika dibandingkan dengan smartwatch Samsung, Gear S2 yang dihargai Rp3.999.000 untuk varian standar dan Rp4.499.000 untuk varian Classic.

0 komentar:

Copyright © 2013 Wuhan Blog