Manfaat Teh Hitam Untuk Kesehatan

Wuhan Blog - Tak hanya pada kopi, Anda juga bisa menemukan kafein di dalam teh, terutama teh hitam.  Teh yang dibuat dari tanaman Camellia sinensis ini memang mengandung kafein yang cukup tinggi. Teh jenis ini bisa dijadikan alternatif saat Anda membutuhkan kafein agar tidak mengantuk atau tetap terjaga. Hanya saja, konsumsi dalam jumlah banyak bisa mengganggu kesehatan.

Teh Hitam
Teh Hitam
Dalam jumlah yang tepat, mengonsumsi teh hitam sebetulnya bisa memberikan manfaat yang beraneka ragam. Misalnya, kandungan antioksidannya berupa polifenol dapat  melindungi sel dari kerusakan DNA. Konsumsi teh hitam juga dapat mengurangi risiko terjadinya serangan jantung, batu ginjal atau aterosklerosis (penyempitan dan pengerasan pembuluh darah). Bahkan dengan cara berbeda, Anda tetap bisa mendapatkan manfaat teh hitam, seperti:

Mengeringkan luka
Teh hitam mengandung asam tannic yang dapat menghentikan perdarahan luka dalam atau goresan pada kulit. Ingin menyembuhkan lukanya? Siapkan teh hitam yang diseduh dengan air bersih lalu dinginkan. Letakkan teh hitam dingin di atas luka, lalu tekan dengan lembut. Hal ini dapat membantu mengurangi rasa perih pada bagian luka atau goresan.

Membunuh bau kaki
Tidak hanya mengeringkan luka asam tannic dalam teh hitam yang kuat mampu membunuh bakteri dan menutup pori-pori serta menahan keringat yang keluar dari kaki. Caranya sederhana, rendam kaki Anda di dalam baskom yang sudah dicampurkan dengan teh hitam selama 15 sampai 30 menit. Lakukan secara teratur.

Mengatasi diare
Tanin dalam teh hitam membantu tubuh menyerap cairan dan menenangkan radang usus. Pilih teh hitam dan ganti gula dengan satu sendok madu atau kayu manis untuk merasakan manfaat sehatnya. 

Membantu melawan alergi
Teh hitam memiliki kandungan flavonoid yang baik bagi tubuh. Dua hingga tiga cangkir teh hitam sehari akan membantu mengurangi gejala alergi pada tubuh. 

Meningkatkan kesehatan mulut
Kandungan polifenol dalam teh hitam berfungsi sebagai antibiotik yang dapat mencegah pertumbuhan bakteri yang bisa menyebabkan kerusakan gigi dan bau mulut. Minum dua hingga tiga cangkir teh hitam sehari untuk mendapatkan manfaatnya. 

Jumlah tepat untuk mengonsumsi teh hitam adalah tidak lebih dari lima cangkir per hari. Bila lebih dari itu, kandungan kafein dalam teh ini dapat menyebabkan gangguan kesehatan, seperti sakit kepala, gugup, masalah tidur, muntah, diare, lekas marah, denyut jantung tidak teratur, mulas, dan pusing.

0 komentar:

Copyright © 2013 Wuhan Blog