Bahaya Tidur Menggunakan Lensa Kontak

Wuhan Blog - Jika Anda tanpa sengaja pernah tidur dalam keadaan masih menggunakan lensa kontak, usahakan hal tersebut jangan sampai terulang kembali. Tidur dengan menggunakan lensa kontak sangat berbahaya bagi kesehatan mata Anda. Meskipun beberapa lensa kontak memang diperbolehkan untuk dipakai sepanjang malam, tapi tidur memakai lensa kontak sangatlah tidak dianjurkan. Berikut bahaya-bahaya yang mengancam kesehatan mata, jika Anda menggunakan lensa kontak saat tidur.

Lensa Kontak
Lensa Kontak
Parasit
Menggunakan lensa kontak ketika tidur juga membuat kornea mata kekurangan oksigen. Kekurangan oksigen ini dapat merusak permukaan jaringan epitel dan dapat membuat luka kecil, sehingga bakteri atau parasit bisa menginfeksi kornea.

Luka di kornea
Memakai lensa kontak terlalu lama dapat meningkatkan risiko luka pada kornea. Risiko tersebut akan lima kali lebih besar, jika Anda menggunakannya ketika tidur. Bahkan memungkinkan Anda untuk mengalami kerusakan kornea mata permanen.

Hipoksia pada mata
Kekurangan oksigen pada kornea mata akibat penggunaan lensa kontak juga dapat membuat mata mengalami hipoksia. Risiko seseorang yang terkena hipoksia mata adalah pertumbuhan pembuluh darah baru. Hal tersebut memicu kehilangan penglihatan, terutama jika pertumbuhan lebih dari 2 milimeter.

Kebutaan
Sering menggunakan lensa kontak saat tidur juga dapat menyebabkan keratitis. Keratitis adalah infeksi yang paling sering terjadi pada para pengguna lensa kontak. Bila tidak diatasi, kondisi ini bisa membuat seseorang mengalami kehilangan penglihatan minor, transplantasi kornea bahkan kebutaan.

0 komentar:

Copyright © 2013 Wuhan Blog